5 Tips Ampuh Dalam Memulai Bisnis Budidaya Hewan Ternak

5 Tips Ampuh Dalam Memulai Bisnis Budidaya Hewan Ternak

Memulai bisnis di bidang peternakan adalah hal yang patut dicoba. Banyak pebisnis ternak yang sukses dengan hasil jualan yang sangat fantastis. Apalagi kalian menyukai hewan tersebut yang bisa menambah motivasi tiap hari bekerja. Mungkin ada dari kalian yang ingin memulai bisnis ternak hewan.

Bisa dikatakan bisnis ternak adalah bisnis yang paling menjanjikan, karena akan selalu memiliki ternak-ternak yang baru dan terus bertambah berkembang biak. Yang artinya kalian hanya bermodalkan di awal saja untuk membeli beberapa hewan ternak saja, nantinya akan bertambah banyak. Banyak orang yang mencoba untuk memilih bisnis ini dan menjadi sukses.

Namun pastinya kalian bingung bukan, bagaimana sih cara memulai bisnis ternak hewan? Tidak sedikit orang-orang yang bertanya demikian. Pasalnya mudah sekali untuk memulai bisnis ternak hewan. Ada banyak tips dan beberapa pembahasan cara memulai bisnis ternak yang baik.

1. Menentukan jenis ternak

Auto Draft

Hal ini sangatlah dasar bagi seseorang yang akan memulai bisnis ternak hewan. Banyak sekali jenis ternak yang akan kalian pilih dan dikembangkan dengan maksimal. Kalian harus melakukan informasi pencarian tentang jenis ternak yang akan kalian pilih.

Banyak jenis hewan ternak, ada yang di air, darat, dan udara. Kalian bisa memilih satu dan memfokuskan kepada satu hal itu. Karena akan sulit bagi kalian untuk memelihara hewan dengan jumlah jenis yang banyak.

Menurut Mas Budi dari TipsBudidaya, ada hal penting yang wajib diketahui, bahwa jenis hewan darat, air, udara, sangatlah berbeda dalam perawatannya. Jadi perlu disarankan untuk memulai dengan memilih satu jenis hewan saja.

2. Pemilihan Lahan

Pastinya, jika kalian ingin memulai usaha budidaya hewan harus memiliki lahan atau tempat kalian merawat hewan itu. Kalian harus memilih tempat yang bagus untuk dijadikan sebagai tempat bisnis hewan ternak agar hewan kalian menjadi nyaman dan merasa senang.

Pastikan lebar dan luasnya lahan yang kalian pilih bisa cukup untuk menampung banyaknya hewan yang akan kalian budidayakan. Namun, jika kalian hanya mendapatkan lahan yang terbatas, kalian bisa memulai bisnis hewan kecil-kecilan dulu seperti ayam, bebek, ternak ikan, ternak jangkrik.

Namun, jika kalian ingin penghasilan kalian lebih besar, pilihlah lahan yang luas dan jauh dari pemukiman. Karena agar menghindari persoalan dengan penduduk terkait bau yang menyengat yang bisa mengganggu aktivitas penduduk.

3. Mempelajari cara pemeliharaan yang benar

Hewan ternak merupakan makhluk hidup yang butuh asupan gizi yang baik agar akan membuahkan hasil yang maksimal. Hewan juga bisa terkena penyakit bahkan wabah virus. Bagi kalian yang mau memulai bisnis ternak hewan, kalian harus mempelajari dengan baik cara pemeliharaan.

Kalian juga harus mencari informasi tentang hal-hal baru mengenai hewan ternak, karena akan ada informasi terbaru mengenai cara pemeliharaan hewan ternak. Semakin lama perkembangan zaman akan semakin mudah juga menghasilkan sesuatu yang lebih bagus dari sebelumnya.

4. Selalu melihat kebersihan kandang

Untuk tahap yang ini, kalian harus rela untuk membersihkan kandang hewan ternak kalian. Karena jika tempat atau kandang hewan terlihat kotor sekali, nantinya akan berpengaruh bagi perkembangan hewan itu. Bisa jadi hewan ternak itu kena penyakit dan tubuhnya tidak sehat, bahkan jika terjual dan dijadikan lauk bagi konsumen, akan ada efek samping bagi si konsumen.

Maka dari itu, usahakan rencanakan untuk membersihkan kandang dua hari sekali atau 2 hari sekali. Karena kalau kandang terlihat bersih, hewan ternak kalian pun terasa lebih nyaman dan akan menghasilkan perkembangan yang maksimal juga kedepannya. Konsumen juga akan tertarik untuk membelinya, karena terlihat seperti dirawat dengan baik.

5. Pemasaran

Membangun jaringan adalah kunci pemasaran yang sukses, seperti halnya dengan ternak ayam dan ikan, selain kalian menjual langsung ke konsumen, kalian juga bisa bekerja sama sebagai supplier di restoran, hotel, atau penjual di pasaran. Dengan memiliki pelanggan tetap, akan di pastikan bahwa bisnis anda berjalan dengan baik.

Kalian juga bisa promosi secara online, mengenai hewan ternak kalian dengan lewat Twitter, Facebook, atau Instagram. Dunia internet adalah sebuah peluang bagi kalian untuk menuju kesuksesan kalian. Karena dunia internet bisa dilihat oleh banyak orang di luar kota hingga luar negeri. Dengan itu kalian akan menerima banyak permintaan. Namun, kalian juga harus berhati-hati dengan dunia internet, karena banyak sekali kasus penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *