Mau Jualan Online ? Install 2 Aplikasi ini

Mau Jualan Online ? Install 2 Aplikasi ini

Di masa pandemi seperti sekarang ini, apa kesibukanmu sob ? Kebanyakan orang akan pusing ketika banyak berdiam diri di rumah. Biasa kerja di luar berangkat pagi pulang sore tau-tau udah gajian aja.. eh.. sekarang terasa jadi pengangguran kan.. ??

Dari kondisi ini ada point penting yang bisa menjadi pelajaran kita bersama. Apa itu ?

yup’s.. pentingnya punya usaha sampingan. Nah.. saat di rumah, kamu punya banyak waktu untuk belajar memulai usaha.

 

Mau Jualan Online ? Install 2 Aplikasi ini

Di tulisan ini akan saya share beberapa aplikasi yang sangat membantu dalam berbisnis online. Fokusnya lebih ke penjual online ya sob.. mereka yang lancar jualan online dibantu dengan aplikasi-aplikasi ini, apa saja itu ? simak penjelasan berikut :

#1 Aplikasi cek ongkir

Nah.. ini adalah aplikasi yang wajib diinstal, fungsinya tentu untuk mengetahui tarif ongkir disuatu daerah. Umumnya tarif ini disesuaikan berdasarkan alamat kecamatan dimana barang akan dikirimkan. Jadi dari kecamatan tempat kamu tinggal (penjual) ke kecamatan konsumen (pembeli).

Tarifnya tentu beda-beda tiap jasa ekspedisi. Perbedaan ini berdasarkan layanan yang digunakan. Meskipun kecamatannya sama (tujuannya sama), kalau layanan yang digunakan beda tentu beda juga tarif atau ongkosnya.

Berikut aplikasi ekspedisi yang banyak digunakan oleh penjual online :

My JNE : bisa dibilang ini aplikasi wajib sih.. JNE memiliki jaringan yang cukup luas.. hampir semua wilayah di Indonesia bisa kecakup sama si JNE ini. Jadi wajar bila penjual online rata-rata selalu menjadikan JNE sebagai jasa pengiriman yang paling utama.

J&T Express Indonesia : pilihan kedua jatuh pada aplikasi J&T. Meskipun tergolong ekspedisi baru, layanan yang baik dan cakupan wilayah yang luas menjadikan J&T pilihan kedua bagi para penjual online.

baca juga solusi dan cara mengatasi sayangnya layanan google play telah berhenti

Indah Online (Official) : buat kamu yang mau kirim barang dalam jumlah banyak, Indah Online atau lebih dikenal dengan sebutan Indah Cargo menjadi pilihan yang tepat. Tarif Indah Online lebih terjangkau dibandingkan dengan JNE dan J&T dengan syarat, barang yang kamu kirim benar-benar banyak, minimal 10 Kg ke atas. Tapi kalau cuma kirim barang 1, atau 2 kilo, tentu lebih murah JNE atau J&T.

RajaOngkir : seperti namanya, aplikasi yang satu ini merekap banyak jasa ekspedisi. Kalau kamu instal aplikasi My JNE ya kamu hanya bisa cek pengiriman barang dari JNE saja. Instal J&T ya hanya bisa cek pengiriman dari J&T saja. Tetapi aplikasi raja ongkir bisa menampilkan keduanya, kamu cukup input asal pengiriman (kecamatan) dan tujuan pengiriman, tunggu beberapa saat. Raja ongkir akan menampilkan tarif masing – masing jasa ekspedisi sesuai berat barang, jadi kamu bisa membandingkan ongkos kirim tanpa mengecek aplikasi cek ongkir satu persatu.

#2 Aplikasi  CS

Customer service adalah orang yang melayani calon pembeli. Kalau kamu baru awal memulai usaha, maka CS nya ya dirimu sendiri. Belajar membalas chat agar terjadi pembelian (istilah kerennya closing).

Nah.. jika chat yang masuk sudah di angka puluhan atau bahkan ratusan chat, maka kamu perlu bantuan aplikasi bernama Selly (Keyboard Ajaib Online Shop Seller).

Melalui aplikasi ini kamu bisa menyiapkan jawaban – jawaban yang kemungkinan besar ditanyakan calon pembeli dan jawabannya hanya itu-itu saja.

Aplikasi ini saya gunakan sebagai pengganti CS. Artinya kamu tidak perlu mencari karyawan hanya untuk menangani chat-chat yang masuk. Aplikasinya simple dan mudah digunakan.

Demikian informasi tentang aplikasi yang digunakan para penjual online, semoga bermanfaat dan temukan konten menarik lainnya hanya di pediansa ya sob..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *