Koneksi Internet di HP Sering Lemot? Ketahui Beberapa Penyebabnya

Koneksi Internet di HP Sering Lemot? Ketahui Beberapa Penyebabnya

Hidup kita saat ini sangat bergantung kepada internet, mungkin terutama bagi kaum milenial. Internet tak hanya menjadi media pendukung komunikasi saja, melainkan juga untuk beragam hal, seperti transaksi jual beli, bermain game online, atau beberapa lainnya. Semakin meningkatnya kebutuhan internet, tentu didukung pula dengan kecepatan internet yang semakin kencang.

Namun, mungkin pada beberapa waktu, kamu sering merasakan penurunan performa pada koneksi WiFi atau internet yang kamu miliki dan menjadi bertanya-tanya akan penyebabnya. Nah, jika kamu pernah mengalami hal yang sama, ada baiknya untuk mengetahui beberapa rangkuman dari kami.

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Koneksi Internet di HP Sering Lemot? Ketahui Beberapa Penyebabnya

1. Hujan

Saat cuaca berubah menjadi buruk dan turun hujan deras, umumnya para pengguna internet, WiFi pada khususnya akan mengalami penurunan kecepatan. Hal ini biasanya disebabkan karena air dari hujan dapat menghambat kerja dari sinyal WiFi yang bekerja melalui udara. Oleh karena itu, ini merupakan suatu hal yang wajar.

Solusi yang bisa kamu lakukan sebagai pelanggan dari provider tertentu, ada baiknya jika kamu menggunakan koneksi yang sebelumnya menggunakan WiFi ada baiknya untuk mengganti dengan media kabel. Tentu saja, dengan catatan jarak antar bangunan tidak lebih dari 100 meter, serta perhatikan jenis kabel yang digunakan agar tidak cepat rusak.

2. Berada Pada Ruangan Tertutup

Jika kamu sedang berada pada ruangan tertutup yang memiliki tembok tebal di sekelilingnya, apabila diperhatikan maka sinyal yang kamu miliki akan mengalami penurunan kualitas. Hal ini masih berkaitan dengan adanya hambatan sinyal yang terjadi. Tembok yang tebal memang diketahui dapat menghambat sinyal.

Solusinya, apabila hal ini terjadi pada rumah atau kantor, kamu bisa menambah titik pemasangan Access Point baru sebagai cara memperkuat sinyal wifi. Sehingga area yang tercover dapat lebih luas. Namun, jika kamu menggunakan akses langsung dari kartu internet provider, ada baiknya kamu untuk berpindah ruangan yang memiliki daya tangkap sinyal lebih baik.

3. Pengguna yang Terlalu Banyak

Mungkin beberapa dari kalian tidak mengetahui berapa jumlah bandwith dari WiFi yang biasa kalian gunakan. Jika pengguna WiFi terlalu banyak dalam satu waktu, maka bandwith menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan cepat atau tidaknya koneksi internet.

Anggap saja sebagai contoh di rumah kamu menggunakan koneksi internet dengan Bandwidth 20 Mbps. Jika ada 4 user yang menggunakannya secara bersamaan, maka kamu tidak lagi mendapatkan kecepatan 20Mbps, melainkan dibagi sejumlah user yang ada. Jadi, bisa dibilang kamu hanya memiliki kecepatan kurang lebih 5 Mbps.

Tentu itu hanya 4 user, bayangkan jika yang menggunakan lebih dari itu. Kamu hanya perlu membagi bandwidth dan jumlah user saja untuk mengetahuinya. Sebagai tips tambahan, ada baiknya untuk melakukan pergantian password secara rutin untuk menghindari adanya pengguna yang tidak diizinkan menggunakan WiFi.

4. Interferensi Jaringan

Dalam jaringan WiFi, sederhananya terdapat channel atau dapat dianalogikan sebagai ruangan untuk berkomunikasi. Jika dalam satu ruangan tersebut terdapat banyak WiFi yang berkomunikasi bersamaan, tentu akan mengganggu komunikasi antar satu dengan yang lainnya. Contohnya, jika kamu dalam satu ruangan meeting dan terdapat beberapa orang yang berbicara dalam satu waktu, tentu diskusi tidak akan jelas.

Untuk itu, ada baiknya kamu melakukan pengecekan terhadap frekuensi yang digunakan oleh WiFi kamu. Selain itu, jika tidak begitu diperlukan, lebih baik matikan hotspot portable dari hp kamu, karena secara tidak langsung, hotspot tersebut dapat mengganggu jalannya sinyal WiFi yang kamu gunakan.

Singkatnya, empat faktor di atas bisa dibilang penyebab paling umum terkait mengapa koneksi internet menjadi lambat tiba-tiba. Namun, diluar dari empat faktor tersebut, bisa juga disebabkan karena adanya perbaikan atau gangguan yang terjadi pada provider tersebut. Sehingga biasanya akan memakan waktu untuk dapat kembali normal.

Sumber: https://teknolagi.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *