Pengertian Furniture Menurut Para Ahli

Pengertian Furniture Menurut Para Ahli

Pengertian Kata Furniture adalah perlengkapan barang rumah tangga diantaranya seperti Tempat Tidur, Meja dan Lemari serta Kursi Tamu. Kata furniture berasal dari benua Eropa tepatnya di negara Prancis yaitu Fourniture pada tahun (1520-30 masehi). Fourniture memiliki arti perabot rumah atau ruangan.

Sedangkan untuk pengertian Kata Mebel dari bahasa inggris yaitu Movable yang memiliki makna bisa bergerak. Karena zaman dulu perabot mebel seperti Kursi dan Lemari lebih mudah untuk digerakkan dan dipindah pindah.

Itulah sedikit pengertian umum mengenai makna kata furniture dan mebel. Walaupun demikian, kedua kata tersebut memiliki makna yang sama yaitu semua benda atau peralatan yang ada dirumah dan yang digunakan untuk duduk, berbaring maupun untuk tempat penyimpanan barang, pakaian dan perhisaan serta barang lainnya.

Pengertian Furniture Menurut Para Ahli

Sejarah Furniture Dunia

  •   Zaman Neolitikim

Furniture di zaman ini terbuat dari batu seperti Lemari, Tempat Tidur dan juga Tempat Duduk. Zaman ini sekitar tahun 3100-2500 sebelum masehi. Dan ada peninggalan rumah kuno di kota orkney, scotlandia utara. Didalamnya terdapat perlengkapan furniture dari batu.

  • Zaman Klasik

Zaman ini pada abad ke 8 SM di negara Turki, hal ini ditemukannya potongan meja. Serta abad ke 6 ditemukan Karpet di Siberia, dan untuk furniture yang sudah maju ditemukan di yunani kuno pada abad ke 2 SM. Produk yang ditemukan berupa Tempat Tidur dan Kursi.

Fungsi  Furniture / Mebel

Sekarang rumah yang ditempati dan berpenghuni wajib memiliki furniture di dalamnya, karena bila tidak memiliki furniture di dalamnya semua barang dan kegiatan kita akan berantakan dan tidak tertata rapi, sebagai contoh apabila anda tidak memiliki furniture seperti Tempat Tidur, maka anda akan tidur di lantai. Tidak memiliki lemari pakaian maka anda akan menaruh pakaian di sembarang tempat, kotor serta tidak tertata dengan rapi. Itulah mengapa dari zaman dulu sampai sekarang furniture dibutuhkan dan wajib ada dirumah yang berpenghuni. Karena furniture berfungsi untuk membuat kita nyaman dalam bersantai, istirahat dan membantu rumah jadi lebih tertata dengan rapi dan teratur.

Makna Furniture / mebel

Mungkin bagi orang awam furniture tidak memiliki makna, namun tahukah anda bahwa furniture memiliki makna yang dalam sejak zaman dahulu, untuk itulah dikenal dengan istilah kursi raja, kursi direktur dan juga kursi mewah. Hal ini memperlihatkan bahwa furniture membawa kenyamanan serta status sosial seseorang atau prestige.

Untuk saat ini furniture lebih bermakna ke status ekonomi pemiliknya, hal ini karena saat ini desain dari furniture menyesuaikan dengan kekayaan yang dimiliki, sebagai contoh adalah sekarang orang kaya untuk produk furniturenya menggunakan desain klasik ukir mewah dengan finishing duco dan gold yang ukurannya sangat besar serta finishingnya mengkilap dan tidak banyak dipasaran.

Beda hal bila untuk golongan menengah kebawah, furniture ini biasanya berdesain minimalis simple dengan bahan baku kayu biasa serta finishing yang biasa seperti coklat, natural dan berbahan baku melamin biasa untuk produk yang dimilikinya.

Jenis Jenis furniture berdasarkan bahan baku

  • Furniture Kayu
  • Furniture Plastik
  • Furniture besi
  • Furniture Bambu

Di Indonesia sendiri furniture memiliki gaya tersendiri dari segi model dan juga bahan baku. Untuk pusat furniture / mebel di indonesia sendiri adalah di kota jepara jawa tengah. Saat ini banyak yang menjual berbagai jenis furniture secara online karena kemajuan teknologi, seperti Dewa Mebel ini yang memasarkan furniture secara online maupun offline langsung dari pusat mebel indonesia yaitu kota jepara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *