Ini Dia Cara Merawat Mimbar Masjid Kayu Jati Yang Benar

Ini Dia Cara Merawat Mimbar Masjid Kayu Jati Yang Benar

 

Banyak furniture yang memang mengadopsi bahan dasar satu ini. Selain menghadirkan kesan mewah dan elegan. Bahan ini terbukti kuat dan tahan lama.

Ini Dia Cara Merawat Mimbar Masjid Kayu Jati Yang Benar

Layaknya material jenis lain, kayu jati juga memiliki tingkatan kualitas. Umumnya, grade ini akan disesuaikan dengan penggunaannya. Sehingga, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan selera.

Pemilihan mimbar masjid berbahan kayu jati tentu membutuhkan sejumlah perawatan. Sudah tahu bagaimana teknik tepat agar produk ini tetap awet dan tahan lama? Intip dulu, pemaparan lengkap artikel berikut.

Ini Dia Cara Merawat Mimbar Masjid Kayu Jati Yang Benar

Cara Merawat Mimbar Masjid Kayu Jati Dengan Tepat

Salah satu keunggulan kayu jenis ini ialah tahan lama, tahan cuaca hingga kondisi suhu. Anda bisa mengandalkan bahan satu ini lho. Bahkan, di cuaca ekstrem sekalipun material kayu jati pantas jadi andalan. Berikut langkah-langkah tepat merawat produk kayu jati:

1. Bersihkan Dari Debu

Meski berada dalam ruangan, mimbar atau podium wajib dibersihkan dengan rutin. Terlebih dari debu yang menyelimuti. Debu bukan hanya tak baik bagi kesehatan. Debu juga membuat tampilan furniture satu ini menjadi kusam.

Tahu kan kebersihan ini merupakan bagian dari iman. Sehingga menjaga kebersihan podium wajib dilakukan.

2. Tangani Dengan Hati-Hati

Apapun produk atau bendanya, tentu harus berhati-hati ketika menanganinya. Misalnya saat memindahkan mimbar masjid, hindari dengan menggeser benda tersebut. Anda bisa mengajak orang lain untuk mengangkatnya.

Sebab, dengan menggesernya Akan menimbulkan goresan. Dan umumnya hal ini akan berpengaruh pada keawetan produk. Terlebih jika umur produk sudah sedemikian lama.

3. Pemakaian Pledge

Benda satu ini juga bisa jadi pilihan perawatan. Anda dapat membersihkan permukaan kayu jati dengan pledge ini. Perlu diingat, Anda cukup semprotkan seperlunya saja. Jangan lupa, bersihkan pula sela-sela atau bagian yang tersembunyi.

Misalnya di area yang terdapat ukiran maupun kaligrafi. Produk ini bisa Anda dapatkan di seluruh toko furniture. Sehingga Anda tak perlu bingung saat ingin mencarinya.

4. Menjaga Lapisan Coating Tetap Sip

Perawatan keempat ini umum dipakai untuk beragam furniture yang diletakkan diluar ruangan. Namun, bisa juga diterapkan pada mimbar yang ada di dalam masjid.

Cari bahan khusus untuk merawat jenis furniture berbahan kayu jati. Sehingga membuat mimbar tetap mengkilap serta lebih awet. Cara lainnya bisa juga rajin memolesnya.

Yakni, dengan memakai minyak jati. Poles rutin dan seperlunya saja ya. Hal ini bisa membuat tampilan mimbar menjadi lebih klasik dan elegan.

Perawatan memang harus disesuaikan dengan produk yang akan dirawat. Sebab, penerapan cara yang salah justru membuat produk jadi cepat rusak. Apalagi penggunaan bahan-bahan pembersih yang tidak disarankan. Nah, sudah tak bingung lagi kan merawat mimbar masjid kayu jati Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *