Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan dengan Cara Investasi Sejak Pertama Gajian

Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan dengan Cara Investasi Sejak Pertama Gajian

Apakah saat ini Anda sedang mempersiapkan sebuah pernikahan? Jika iya, maka Anda bisa mulai berencana dengan berinvestasi untuk calon dananya. Menikah adalah memasuki fase baru dimana ada banyak sekali unsur yang dilibatkan. Jadi, Anda harus punya rencana matang, salah satunya adalah tentang biaya pernikahan. Yuk, simak ulasan mengenai trik mempersiapkan biaya pernikahan dengan cara investasi di artikel di bawah ini.

Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan dengan Cara Investasi

Bukan perkara mudah memang untuk mempersiapkan sebuah pernikahan. Selain perlu perencanaan yang matang, Anda juga harus siap banyak dana. Jika keuangan Anda tidak stabil, maka bisa-bisa pernikahan tidak seperti yang Anda inginkan. Lalu, bagaimana cara agar Anda bisa mempersiapkan biaya pernikahan tanpa membuat Anda tertekan?

1. Tentukan Besaran Biaya Pernikahan

Auto Draft

Pertama, Anda bisa mempersiapkan biaya pernikahan dengan cara menentukan lebih dulu berapa besaran biaya pernikahannya. Hal ini jelas saja harus dilakukan secara rinci besarannya dan jelas kegunaannya, termasuk juga bulan madu. Beberapa rincian yang bisa Anda siapkan adalah gedung dekorasi, katering, hingga biaya-biaya lainnya dengan total bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung tamunya juga.

2. Pastikan Semua Basis Keuangan Kuat

Kedua, Anda bisa mempersiapkan biaya pernikahan dengan cara memastikan bahwa semua basis keuangan Anda kuat. Hal ini sangat berguna untuk kesejahteraan Anda dan pasangan nantinya. Tinjau kembali kartu kredit dan berbagai cicilan yang Anda lakukan. Ketahui seberapa kuat kestabilan keuangan Anda dan baru ke langkah selanjutnya.

3. Sisihkan Pendapatan Bulanan Bersama Pasangan

Ketiga, Anda bisa mempersiapkan biaya pernikahan dengan cara menyisihkan pendapatan bulanan bersama pasangan. Keuangan ini harus ditabung dan diinvestasikan ke instrumen investasi seperti deposito, emas, reksadana atau saham bluechip oleh kedua mempelai dimana jumlahnya harus sama agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak menyenangkan. Tidak cukup itu saja, Anda juga bisa menyimpan berupa aset, simpanan, dan lainnya.

4. Pastikan Semua Tagihan Lunas Sebelum Hari H

Keempat, Anda bisa mempersiapkan biaya pernikahan dengan cara memastikan bahwa semua tagihan Anda sudah lunas sebelum hari H pernikahan. Jika Anda masih mencicil katering, gedung, dan lainnya, maka lunasi sebelum pernikahan terjadi agar kedepannya Anda tidak punya utang.

5. Mulai Menabung dengan Investasi

Auto Draft

Terakhir, Anda bisa mempersiapkan biaya pernikahan dengan cara menabung dalam bentuk investasi. Hal ini berguna untuk membayar biaya pernikahan Anda agar seluruh target di atas bisa Anda penuhi tanpa hal yang memberatkan suatu apapun. Semakin awal Anda berinvestasi untuk pernikahan Anda, maka akan semakin baik hasilnya. Hal ini karena dana yang terkumpul juga akan semakin besar dan bahkan bisa sisa.

Tentunya, setelah membahas tentang investasi, Anda sudah memiliki seperti apa gambaran investasi untuk pernikahan itu. Seperti yang Anda tahu, dana yang Anda simpan di bank tidak akan bisa berputar dan menghasilkan apa-apa. Dana tersebut hanya tersimpan dengan aman dan bahkan seiring waktu berjalan bisa berkurang. Sebaliknya, dana yang Anda investasikan, misalnya reksa dana, bisa menghasilkan uang dan menambah calon dana pernikahan Anda.

Beberapa jenis investasi yang cocok untuk dana pernikahan Anda nantinya adalah saham, emas, hingga reksa dana, peer to peer lending. Hal ini karena investasi-investasi ini memiliki risk tolerance yang tidak begitu berbahaya dan juga tingkat keuntungan yang manis dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam waktu 5 tahun.

Demikian ulasan mengenai trik mempersiapkan biaya pernikahan dengan cara investasi. Ingat, menikah memiliki banyak unsur yang dilibatkan sehingga Anda harus ekstra hati-hati. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *