5 Kesalahan dalam Bisnis Ikan Hias yang Sering Terjadi dan Wajib Dihindari

5 Kesalahan dalam Bisnis Ikan Hias yang Sering Terjadi dan Wajib Dihindari

Dalam sebuah bisnis apabila sukses memang mendatangkan keuntungan yang menjanjikan, namun bagaimanakah ketika mengalami kerugian atau kegagalan? Begitu halnya dengan bisnis ikan hias. Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam usaha satu ini, karena kurangnya pengetahuan terhadap kesalahan yang harus dihindari. Berikut ulasannya.

Kesalahan Usaha Ikan Hias yang Wajib Dihindari

1. Tidak mengetahui tujuan Bisnis

Sebelum terjun dalam usaha ini, hendaknya mengetahui terlebih dahulu tujuan apakah yang ingin dicapai? Tentunya tujuan bisnis harus sesuai dengan kemauan diri sendiri sehingga mampu mempertahankannya. Terkadang orang memulai usaha hanya karena mengikuti minat saudara, keluarga atau temannya tanpa mengetahui tujuan sebenarnya yang ingin dicapai.

5 Kesalahan dalam Bisnis Ikan Hias yang Sering Terjadi dan Wajib Dihindari

2. Tidak mampu membaca pangsa pasar usaha

Kemampuan untuk membaca pangsa pasar usaha sangatlah penting. Minat atau ketertarikan orang sering berubah mengikuti trend zaman sekarang atau sesuatu yang lebih menarik. Membaca pangsa pasar dapat dilakukan dengan cara melakukan pendekatan peminatan dan pendekatan penawaran. Pendekatan ini dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik.

3. Keterampilan atau kemampuan tidak bisa diandalkan

Mempelajari budidaya ikan hias bagi usaha memang bisa dilakukan secara otodidak namun perlu kemampuan yang benar benar terasah. Anda juga perlu untuk memiliki kemauan untuk terus belajar dan menambah wawasan baru. Saat mengalami penurunan pendapatan kebanyakan orang akan putus asa dan mengakhiri bisnis ini dengan begitu saja, tanpa mau belajar lagi.

4. Terlalu lama merealisasikan rencana

Banyak sekali bisnis yang mengalami kegagalan dikarenakan terlalu lama dalam merealisasikan rencana yang dimilikinya, begitu pula dengan bisnis ikan hias ini. Seperti halnya rencana untuk menambah jenis ikan yang hendak dijual dan dipasarkan, meningkatkan pelayanan, atau mungkin rencana untuk melengkapi peralatan guna menunjang keperluan bisnis ini.

5. Pemahaman yang kurang terkait strategi pemasaran

Strategi pemasaran sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha ikan hias ini. Pada era zaman sekarang pemasaran didominasi melalui media sosial atau e-commerce . Pengenalan usaha pun juga bisa dilakukan melalui langsung atau tidak langsung. kualitas yang bagus dengan harga yang lebih murah dibandingkan pesaing lainnya tentu menjadi nilai plus tersendiri.

Itulah kesalahan yang kerap dilakukan dalam menjalankan usaha ikan hias. Dengan perencanaan yang matang dan tepat, maka anda akan memperoleh hasil yang menguntungkan. Anda juga bisa terus menambah pengetahuan dan memiliki rencana ketika nanti ada hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *