Menanam Kunyit yang Sederhana buat Kebutuhan Bumbu Dapur

Menanam Kunyit yang Sederhana buat Kebutuhan Bumbu Dapur

Para pembaca yang kami banggakan, di kesempatan ini kami akan menerangkan menanam kunyit sederhana. Siapa yang tidak tahu kunyit? tentu semuanya tahu kan? Kunyit itu umumnya di daerah kita sudah menjadi kebutuhan juga buat bumbu dapur. Oleh karena itu mesti kita selalu ada tanamannya buat keperluan tambahan bumbu.

Sering kali ibu-ibu mau masak yang membutuhkan kunyit. Ternyata, begitu cari di tempat wadah bumbu ternyata sudah habis. Akhirnya kebingungan, mau kepasar juga jauh, nah oleh sebab itu sebaiknya bagi kaum ibu harus tetap selalu siap meskipun kebutuhannya tidak untuk setiap hari.

Bagaimana caranya?, ya yang pasti harus punya tanamannya di belakang dapur atau di teras rumah sekalian buat hiasan. Jadi disamping bagus dipandang juga banyak manfaatnya. Dan sewaktu-waktu dibutuhkan maka tinggal nyukil umbinya tanpa merusak pohonnya. Berikut ini tata caranya.

Menanam Kunyit yang Sederhana buat Kebutuhan Bumbu Dapur

Persiapan Lahan

Kita tidak untuk ukuran usaha ya? jadi lahan yang dibutuhkan bisa dari ember bekas atau pot bunga. Silahkan diatur saja soal tempatnya sesuai dengan keadaannya. Jika mau di buat dalam pot bunga, mak siapkan dulu pot bunga dari plastik yang dijual di pasaran.

Belilah pot bunga yang sedang, lalu isi dengan tanah gembur, kemudian campurkan serpihan batu atau patahan-patahan bata yang kecil seperti kerikil secukupnya atau apa saja yang penting jangan mulus tanah. Setelah itu tambahkan pupuk kandang disesuaikan dan sirakan air sampai merata sekedarnya saja. Sesudah itu simpan dulu pot tersebut satu sampai dua minggu.

Persiapan bibit

Bibit kunyit sebenarnya tidak terlalu susah kok, tinggal beli kunyit dulu ke pasar buat bumbu, sisanya yang masih ada matanya disemai atau langsung di tanamkan di tempat yang sudah disiapkan tadi.

Kemudian Pot yang sudah ditanami bibit itu disimpan ditempat yang sejuk kurang lebih 1 mingguan. Setelah itu periksa, jika sudah tumbuh maka pindahkan pot ke tempat yang kita suka, lihat perkembangannya. Selanjutnya tinggal perawatan. \

Dan dalam perawatannya pun tidak terlalu susah masih susahan merawat bunga. Biasanya setelah kurang lebih lima sampai enam bulan bulan kunyit sudah subur dan banyak umbinya.

Kalau mau tanam kunyit buat usaha kunjungi : https://www.tanam.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *