Pembibitan Pohon Pisang

Pembibitan Pohon Pisang

Tumbuhan terna raksasa atau yang sering disebut dengan pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Buahnya yang terasa manis dan bertekstur lembut selalu membuat perasaan menjadi lebih baik, kandungan gizinya juga baik untuk tubuh.

Langkah-langkah Budidaya Pohon Pisang

Pisang merupakan salah satu komoditas yang paling banyak ditanam oleh masyarakat Asia, selain karena caranya yang lebih mudah dibandingkan dengan yang lainnya, pisang juga memiliki nilai jual tinggi jika memenuhi standar kualitas dan mutu makanan terbaik.

Ambil dari Anakan

Salah satu cara pembibitan pohon pisang adalah dengan mengambil dari anakan. Langkah pertama adalah memilih calon indukan yang akan dijadikan bibit, pilihlah berdasarkan dengan jenisnya. Perhatikan kualitas dari bibit tersebut agar bisa tumbuh dengan baik dan sempurna.

Rumpun indukan harus dalam kondisi sehat, bebas dari penyakit maupun hama, nantinya setelah indukan tersebut ditanam dan dirawat dengan baik. Setelah itu, akan membuahkan anakan yang sehat dan memiliki kualitas yang super, sehingga bisa dijual sampai ke negara luar.

Membuat Bibit Pisang dari Bonggolnya

Cara lain adalah menggunakan bonggol pisang. Mungkin cara satu ini terdengar kurang familiar karena biasanya lebih banyak orang melakukan pembibitan dengan ambil dari anakan. Anda juga bisa memanfaatkan bonggol pisang yang sudah tua, kemudian ambil mata tunas tersebut.

Belum banyak yang tahu sebenarnya bonggol lah yang menyimpan mata tunas dalam keadaan tidur, jika dirawat dan diperlakukan dengan baik ia akan bangun dan kembali aktif untuk berbuah kembali. Walaupun begitu langkah-langkahnya lumayan panjang.

Pembibitan Pohon Pisang

Memakai Teknologi yang Berkualitas dan Modern

Terakhir Anda bisa mencoba menggunakan teknologi baru yang bisa menghasilkan bibit pisang unggulan. Yaitu dengan teknologi kultur jaringan yang memanfaatkan sifat setiap sel dari tanaman tersebut. kemudian diletakkan dalam media tanam khusus agar bisa tumbuh.

Itulah sedikit uraian singkat mengenai beberapa teknik yang biasanya digunakan untuk pembibitan pohon pisang. Seperti yang diketahui pohon pisang hanya berbuah sekali saja, setelah itu akan mati. Oleh karena itu jangan sampai mengalami kerugian karena gagal panen.

Sumber: https://www.kebun.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *