Memilih Jurusan Kuliah Arsitektur, Kenapa Tidak?

Memilih Jurusan Kuliah Arsitektur, Kenapa Tidak?

Memilih jurusan menjadi dilema tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya jika seseorang salah dalam memilih jurusan maka bisa berdampak pada kehidupan kedepannya. Dampak yang dimaksud seperti pilihan profesi yang akan dijalani setelah lulus dari perkuliahan.

Biasanya, salah satu tujuan seseorang untuk berkuliah selain untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, mereka juga mengharapkan pekerjaan yang menjanjikan. Apakah Anda adalah salah satu diantara mereka?

Jika Iya, Anda bisa memilih jurusan kuliah arsitektur. Jurusan arsitektur memang terdengar biasa-biasa saja dan cukup asing di kalangan masyarakat.

Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih untuk berkuliah dengan jurusan arsitektur. Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Prospek Masa Depan yang Menjanjikan

Jurusan arsitektur terbilang memiliki prospek masa depan yang sangat tinggi dan menjanjikan. Pasalnya seperti yang kita ketahui bahwa di zaman yang modern ini banyak terjadi pembangunan infrastruktur baik di Indonesia maupun di negara lain. 

Selain itu untuk bangunan-bangunan yang sudah dibuat sebelumnya, tentunya akan mengalami tahap renovasi. 

Sedangkan dalam kedua proses inilah tentu para pemilik bangunan tersebut akan membutuhkan jasa dari arsitektur untuk membuat bangunan dengan desain yang bagus, kekinian dan unik. Anda juga akan berkesempatan mendapatkan bayaran yang tinggi dari hasil desain arsitek yang Anda buat.

Memilih Jurusan Kuliah Arsitektur, Kenapa Tidak?

2. Travelling Untuk Menggagas Ide Desain yang Kekinian

Keuntungan yang kedua memang terdengar sedikit kurang sesuai, namun perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan ide-ide yang bagus seseorang dengan lulusan jurusan kuliah arsitektur perlu untuk mencari inspirasi-inspirasi baru agar bisa menghasilkan karya desain terbaiknya.

Selain itu, travelling ini diperlukan untuk melihat berbagai perkembangan yang terjadi di daerah atau negara lain agar desain yang Anda buat tidak ketinggalan zaman.

3. Mampu Memberikan Dampak Positif Terhadap Lingkungan

Biasanya, seorang arsitek akan mampu untuk membuat inovasi terbaru dan menyesuaikan dengan lokasi dari desain bangunan yang akan dibuat. 

Selain itu, jika Anda menjadi lulusan dari jurusan kuliah arsitek maka nantinya Anda bisa membuat desain bangunan yang ramah lingkungan, rapi dan pastinya tidak akan merusak alam di sekitarnya.

Dengan begitu, maka Anda akan membantu untuk membuat bangunan-bangunan di Indonesia menjadi lebih tertata rapi dengan tetap menjaga penghijauan di sekitarnya.

Kemudian dengan ilmu arsitektur yang Anda miliki, Anda bisa membuat bangunan minimalis dan bagus untuk masyarakat yang kurang mampu.

4. Bisa Belajar Teknik Pembangunan

Mungkin istilah "sekali dayung dua tiga pulau terlampaui" sangat cocok diberikan bagi para lulusan dari jurusan kuliah arsitektur.

Pasalnya, mereka tidak hanya akan bekerja mendesain dan mengatur tata letak dari bangunan, melainkan mereka juga akan mengetahui tentang teknik-teknik dalam pembangunan. Teknik-teknik pembangunan yang dimaksud disini seperti bahan-bahan yang bagus untuk membangun rumah gedung hotel dan bangunan lainnya.

Dengan begitu, maka Anda bukan hanya akan bisa mendapatkan pengetahuan tentang mendesain banguna, melainkan Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru yang lain dalam hal pembangunan.

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi mahasiswa atau lulusan dari jurusan arsitektur. Di Indonesia sendiri jurusan ini masih belum banyak diminati, jadi ketika Anda memilih jurusan ini, maka peluang Anda kedepannya akan semakin terbuka lebar.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berkuliah di jurusan arsitektur? Jika Anda masih merasa ragu dan perlu mencari informasi mengenai jurusan arsitektur, maka Anda bisa mencari dan mendaftarkan diri di jurusan tersebut melalui goKampus.com. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *